Situs PKV Slot Online Resmi Terpercaya Indonesia

Minggu, 16 April 2023

Penyebab dari Keringat Dingin


Penyebab dari Keringat Dingin

gorusyeri - Apakah Anda pernah mengalami keringat dingin? Inilah yang disebut keringat dingin. Kita bisa melihatnya saat badan sedang panas atau tidak.

Penyebab keringat dingin juga berbeda. Menariknya, dilansir Health, seperti dr. Erik Blutinger, keringat dingin bukanlah tes kesehatan yang baik. Ini bisa menjadi gejala dari banyak kondisi kesehatan.

Lantas, apa penyebab keringat dingin dan tanda-tanda sakit? Ini adalah deskripsi yang harus dilihat. 

Apa itu keringat dingin? Berkeringat adalah reaksi normal tubuh. Jika suhu tubuh terlalu tinggi, tubuh perlu mendinginkan diri dengan mengeluarkan keringat, lapor Health. Ini adalah proses penguapan tubuh.

Namun, bagaimana jika seseorang berlari dan kedinginan pada saat yang bersamaan? Ini disebut keringat dingin atau diaforesis. Keringat dingin berbeda dengan keringat normal yang biasanya dihasilkan tubuh, lapor Well Health. 

Keringat dingin bisa terjadi secara tiba-tiba dan bukan karena panas yang ekstrim. Keringat ini keluar dalam jumlah banyak sehingga menjaga kulit tetap terhidrasi. Karena itu, orang merasa kedinginan, bahkan kedinginan.

Penyebab keringat dingin dan tanda-tanda penyakit 

Ada berbagai penyebab keringat dingin. Itu hal yang sama dengan gejala yang berbeda. Karena gejala keringat dingin berhubungan dengan penyebabnya. 

Keringat dingin dapat muncul secara spontan mengikuti aktivitas tertentu. Sementara itu, keringat dingin juga bisa menjadi gejala adanya gangguan kesehatan. Ini bisa menjadi tanda penyakit ringan atau tanda penyakit serius.

Berikut berbagai penyebab keringat dingin yang harus Anda ketahui. Waspadai tanda-tanda penyakit.

1. Efek dari berolahraga 

Setelah berolahraga? Kemungkinan Anda akan berkeringat dingin, kata David Cutler, spesialis kedokteran keluarga di Providence Saint John's Health Center. 

Ini diklasifikasikan sebagai penyebab umum keringat dingin. Saat seseorang berolahraga, ia akan mengeluarkan banyak keringat. Kemudian tubuh berkeringat, yang mendinginkannya. Perubahan suhu ini bisa tiba-tiba. Keringat dingin juga tidak jarang terjadi. 

2. Menopause 

Peningkatan hot flashes mungkin karena menopause. Hal ini tergolong sebagai penyebab keringat dingin yang umum dialami oleh dr. Kayu, dikatakan oleh Anti. 

Perlu diingat bahwa semburan panas (hot flashes) terkadang tidak dianggap sebagai keringat dingin. Meski keringat dingin memengaruhi wanita pascamenopause, wanita berusia antara 30 hingga 60 tahun pun bisa mengalaminya, lho. Seringkali, setelah menstruasi, wanita mengalami keringat dingin di malam hari.

3. Hipoglikemia 

Seseorang dengan gula darah rendah mungkin mengalami keringat dingin. Ini bisa terjadi setelah berolahraga, makan terlalu sedikit, atau minum alkohol. 

Pemicu keringat dingin ini juga menyebabkan sakit kepala, lemas, pusing atau kemerahan. Jika Anda memiliki riwayat hipoglikemia, sebaiknya perhatikan kondisi tubuh saat berkeringat di cuaca dingin. Jika perlu, temui dokter Anda, oke?

4. Perubahan hormon 

Penyebab keringat dingin lainnya adalah hormon. Perubahan hormon yang tiba-tiba dapat menyebabkan hot flashes. Misalnya, hormon estrogen dan progesteron berangsur-angsur berkurang.

Peningkatan suhu yang tiba-tiba seringkali disertai dengan bintik-bintik merah. Setelah itu, tubuh akan menjadi dingin. Bahkan, tidak jarang orang gemetar di tengah malam. 

5. Stres dan kecemasan 

Stres dan kecemasan adalah reaksi tubuh saat mengalami stres. Itulah cara untuk menunjukkan situasinya. Ada sesuatu yang meresahkan. Saat stres atau cemas, tubuh akan mengaktifkan respon fight or flight. 

Hormon akan meningkat sehingga tekanan darah, detak jantung lebih cepat, dan laju pernapasan juga lebih cepat. Efek lainnya, keringat dingin bisa saja terjadi.

5. Demam 

Demam juga bisa menjadi penyebab keringat dingin, meski merupakan penyebab paling umum. Ditunjukkan dengan Pencegahan, flu atau pilek dapat menyebabkan demam atau bahkan pilek. 

Tidak jarang tubuh mengeluarkan keringat dingin sebagai upaya untuk mendinginkan diri saat suhu naik terlalu tinggi. Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan keringat dingin. Penyebab lain keringat dingin 

Selain 5 penyebab keringat dingin di atas, masih ada hal lain yang harus Anda ketahui. Ini bisa menjadi tanda penyakit serius yang membutuhkan perawatan medis segera. 

Berikut beberapa penyebabnya:
Serangan jantung
Penyakit
Hipertiroidisme
Kanker
sesak napas
Menderita penyakit yang parah.

Buat hal-hal ini menjadi pengetahuan umum, ya. Hindari menggunakannya sebagai dasar penelitian. Jika Anda mengalami keringat dingin dan gejala nyeri lainnya, segera dapatkan bantuan medis.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kalian dengan mangatur pola hidup sehat agar terhindar dari keringat dingin yang parah.

Share: